Ramadan dan geliat UMKM

Ramadan tiba biasanya diiringi dengan tumbuhnya kegiatan perekonomian masyarakat.  Hal ini karena tingkat konsumsi masyarakat meningkat. Maka dari itu momen Ramadan ini bisa dijadikan momentum untuk mulai membuka usaha UMKM. Bagi yang sudah memiliki usaha UMKM, momen Ramadan bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Kita sering mendengar istilah UMKM, lalu apa pengertian dari UMKM? UMKM adalah singkatan dari usaha mikro, kecil dan menengah. Dilihat dari sudah pandang pelaku usaha UMKM bisa diartikan sebagai bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga atau badan usaha ukuran kecil. 

Momen Ramadan ini bisa kita jadikan momentum untuk memulai bisnis UMKM. Bisnis apa saja yang cukup bagus peluangnya di Bulan Ramadhan ini. Jadi untuk melihat peluang bisnis di bulan Ramadan, kita bisa melihat apa saja yang dibutuhkan orang bulan Ramadhan. Dari sini kemudian bisa kita jadikan ide untuk membuka bisnis. Berikut ini adalah beberapa jenis ide bisnis yang bisa lakukan saat bulan puasa

1. Berjualan baju muslim

Seperti yang kita ketahui, bisanya orang akan membeli baju baru saat lebaran tiba. Melihat hal.ini tentu saja kebutuhan akan baju baru semakin meningkat. Hal ini bisa kita jadikan peluang untuk membuka usaha. Jadi kita bisa berjualan baju muslim. Supaya keuntungan semakin banyak, usahakan pula untuk menjual baju muslim dari segala usia baik laki dan perempuan. Semakin banyak pilihan baju yang kita sediakan maka konsumen akan semakin senang. Sebab mereka tidak perlu pergi ke toko lain untuk membeli baju baru bagi anggota keluarganya. Di sisi lainnya, sebagai penjual semakin banyak barang dagangan kita maka potensi keuntungan juga semakin besar.

2. Perlengkapan sholat

Saat Ramadan tiba biasanya pembelian perlengkapan sholat menjadi meningkat. Jadi kita bisa menjual mukena, sarung, sajadah, songkok hingga tasbih. Selain digunakan sendiri, beberapa orang juga membeli perlengkapan sholat untuk dibagikan. 

3. Kue kering

Kue kering biasanya adalah jajan yang biasanya ada di meja tamu saat lebaran tiba. Selain itu juga kue kering bisa dijadikan sebagai camilan saat buka puasa tiba. Memang tidak dipungkiri saat ini banyak orang yang membuka usaha kue kering ini. Maka dari itu kita harus lebih kreatif lagi membuatmu jajanan kue kering ini. Misalnya kita bisa membuat varian rasa baru yang belum ada dipasaran ataupun kita membuat kue kering dengan bentuk yang unik. Dengan ciri khas yang dimiliki oleh kue kering kita, maka hal itu bisa menjadi daya tarik sendiri bagi pembeli. Sehingga kita tidak perlu takut lagi untuk bersaing dalam menjual kue kering.

4. Jajanan khas tradisional

Nah berikut ini adalah jajanan khas yang dikelola oleh UMKM yang sudah berhasil menembus pasar internasional

1. Jenang 33

Jajanan tradisional yang sudah go internasional salah satunya adalah jenang sinar kudus. Jenang merupakan jajanan semacam dodol, untuk jenang 33 telah dibuat oleh 3 generasi dari keluarga Hilmi. Usaha jenang 33 sudah berdiri sejak tahun 1910. Tetapi usaha tersebut baru bisa menembus pasar internasional saat dipegang oleh HIlmi dalam sebuah perusahaan yang bernama Mubarokfood Cipta Delicia.

 2. Keripik singkong Matoh

Keripik singkong ternyata juga bisa menembus pasar internasional. Hal ini telah dibuktikan oleh UMKM yang berasal dari Bojonegoro, yaitu PT Paretu Estu Guna yang mengeluarkan produk kripik singkong dengan merek Matoh. Perusahaan yang berdiri sejak 2015 tersebut kini semakin terkenal sebab sudah mampu mengekspor ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, Cina dan Kuwait.

3. Keripik pisang Panda Tirai

Salah satu kripik pisang yang jangkauan pasarnya sudah luas bahkan hingga ke luar negeri adalah keripik pisang Panda Tirai. Usaha ini di dirikan oleh Bapak Juanda. Usaha ini dirintis sejak tahun 2005. Bermodalkan tenaga kerja yang belum berpengalaman usaha ini mencoba bersaing dengan usaha sejenis yang terdapat di kabupaten tenggamus, sekarang berubah menjadi kabupaten Pringsewu, Lampung Awal pemasaran keripik pisang panda tirai ini adalah disekitar wilayah kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional hingga sekarang go internasional. 

Nah, dari beberapa contoh kuliner khas daerah yang sudah go internasional tadi kita bisa mengambil inspirasi, kira-kira kuliner apa yang bisa kita kembangkan supaya bisa menembus pasar internasional. Sebenarnya tidak perlu bingung sebab ada banyak jajanan kuliner khas daerah yang bisa kita kembangkan. Kuncinya adalah inovasi dari kuliner tersebut sehingga meskipun jajanan tradisional tetapi jika dikemas secara kekinian maka di pasar akan mampu bersaing.

4. Parsel

Bisnis parcel saat bulan Ramadan juga cukup menjanjikan. Karena biasanya banyak orang yang mengirimkan parcel kepada saudaranya.Selain itu juga banyak juga atasan yang memberikan parcel kepada karyawannya.  

Setelah kita menentukan bisnis yang akan kita jalankan, agar usaha kita laris kita perlu mengetahui tips dalan berjualan. Nah, berikut ini adalah tips agar jualan kita semakin laris

Tips agar jualan semakin laris

1. Promosikan produk

Untuk mempromosikan produk kita bisa menggunakan media sosial yang kita miliki. Promosi dengan menggunakan media sosial yang kita miliki memiliki banyak keuntungan. Adapun keuntungan diantaranya adalah memiliki jangkauan yang luas dibandingkan dengan promosi offline, hemat biaya dan bisa dilakukan kapan saja. Jadi kita bisa mendapatkan jangkauan pembeli yang lebih luas dan promosi bisa kita lakukan secara fleksibel. Artinya kita bisa lakukan saat kita memiliki waktu luang

2. Bergabung dengan marketplace

Selain menggunakan media sosial untuk memperluas jangkauan pemasaran produk, kita bisa bergabung dengan marketplace. Sebab kalau di media sosial pembeli kita hanya pengikut kita, tetapi jika bergabung dengan marketplace kita bisa mendapatkan pembeli diluar dari pengikut kita. Artinya dengan cara ini pembeli kita akan semakin banyak.

3. Gunakan jasa pengiriman

Ketika jangkauan pemasaran kita semakin luas untuk memudahkan produk kita sampai ke tangan konsumen adalah dengan menggunakan jasa pengiriman. Dengan jasa pengiriman tersebut kita bisa menghemat tenaga dan waktu yang kita miliki. Sehingga kita bisa fokus untuk kegiatan produksi sedangkan untuk distribusi bisa kita serahkan ke pihak jasa pengiriman. Salah satu jasa pengiriman yang bisa kita jadikan partner untuk bisnis kita adalah JNE.

Mengenal lebih dekat JNE

JNE didirikan tahun 1990. Kecepatan dan kehandalan layanannya tidak perlu diragukan lagi. Sebab kehandalan dan komitmen JNE telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 atas sistem manajemen mutu. Saat ini telah ada 6000 lebih titik lokasi JNE dan ini akan terus bertambah. Dengan adanya ribuan titik lokasi JNE, maka JNE akan mampu menjangkau konsumen di seluruh penjuru tanah air. JNE akan mengantarkan produk kita ke konsumen dengan cepat dan aman. Mari kembangkan usaha kita bersama dengan JNE.

#JNERamadhan2021 #JNE #BlogBerkahRamadhanAntarkanKebahagiaan #BahagiaBersama

Komentar

Postingan Populer