Bank syariah Indonesia dukung Green Economy

                  Sumber gambar : Pixabay.com

Green Economy adalah gagasan ekonomi yang memiliki tujuan meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial sekaligus mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

Sejalan dengan hal tersebut Bank syariah Indonesia meluncurkan program Small Movement for Green Economy bersama dengan Plasticpay.

Di awal pelaksanaan program, BSI dan Plasticpay Indonesia akan menempatkan reverse vending machine yakni mesin daur ulang sampah plasatik di tempat-tempat umum.

Kerjasama antara BSI dan Plasticpay Indonesia ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk sadar dengan keberadaan sampah plastik dan mulai memilah sampah plastik kemudian mengolahnya menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Untuk masyarakat yang ingin mendaur ulang sampah plastik bisa dengan mudah menggunakan mesin RVM. Caranya juga Cukup mudah yakni menukar plastik, scan barcode, masyarakat mendapatkan poin yang dapat ditukaran dengan merchandise dari BSI dan Plasticpay Indonesia.

Komitmen BSI dalam mendukung Green Economy di wujudkan dengan mencanangkan 5 program khusus yang berjalan di bulan september 2022. 

Adapaun kelima program tersebut adalah sebagai berikut.

1. Program Desa Binaan BSI

Adapun program desa binaan BSI adalah Program pembinaan usaha ini berupa pertanian, perikanan, peternakan kambing dan domba, peternakan sapi, budidaya kopi dan pengembangan ekowisata. Program ini dikelola oleh warga setempat. 

Terdapat 24 desa yang tersebar di seluruh Indonesia yang menjadi Desa Binaan BSI

2. Program Desa Berdaya BSI

BSI juga mengadakan program Desa Bedaya Meunasah Asan Aceh Timur. Desa ini telah berhasil mengekspor ikan bandeng sebanyak 60 ton ke Korea Selatan dan Jepang.

3. Program Penanaman Pohon Bakau

Komitmen BSI dalam mewujudkan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dilakukan dengan melakukan penanaman pohon bakau di Kedonganan, Kabupaten Badung Bali sebanyak 20.000 pohon.

4. Program Beasiswa

Lebih dari 400 siswa tidak mampu telah mendapatkan beasiswa dari BSI.

5. Program Daur Ulang Sampah

Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, sebanyak 72% masyarakat Indonesia masih belum memiliki kepedulian akan pengelolaan sampah plastik yang dihasilkan. 

Maka dari itu BSI membuat program daur ulang sampah plastik agar menghasilkan barang yang memiliki nilai jual. Harapannya kegiatan ini akan menghasilkan gerakan go green yang tidak hanya berdampak baik terhadap lingkungan tetapi juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Nah, itulah tadi 5 program kerja BSI dalam mendukung gerakan green ekonomy. 

Demi masa depan yang lebih baik BSI terus berupaya untuk memperkenalkan gaya hidup peduli lingkungan dan membantu masyarakat untuk tumbuh seimbang berkelanjutan.


#1001CeritaMembangunIndonesia #TumbuhSeimbangBerkelanjutan #KompetisiLiterasi #BankSyariahIndonesia

Komentar

Postingan Populer