Generasi muda mencari idola



Generasi muda kebingungan mencari idola

Generasi muda kita banyak yang mulai kehilangan orientasi akan masa depannya. Hal ini bisa dilihat dari tindakan generasi muda yang melanggar norma. Tawuran, terjerumus dalam penyalahgunaan obat terlarang hingga terlibat dalam tindak kejahatan kriminal. Sebagaimana kita ketahui, dalam ilmu psikologi masa remaja adalah masa yang rentan terhadap pergaulan yang salah. Pada saat ini emosi remaja sangat labil. Mereka sangat mudah terpengaruh dan naluri ingin mencoba hal baru sangatlah besar.
Di usia remaja, rasa ingin menjadi pusat perhatian juga tinggi selain itu pada masa ini, mereka mulai mengalami krisis identitas.  sehingga mereka mulai mencari-cari idola untuk mereka tiru. Dalam sosiologi hal ini disebut dengan identifikasi.
Namun sayang saat ini remaja kesulitan untuk meniru idola yang pantas untuk dijadikan teladan. Misalnya saja, artis yang menjadi idola ternyata banyak pula yang terjerumus ke dalam narkoba. Artis-artis K-POP yang menjadi  idola ternyata juga banyak yang memiliki jiwa yang rapuh. Disisi lain pemberitaan tentang pejabat kita, banyak di isi dengan para pejabat yang melakukan korupsi.
Tayangan-tayangan tv kita juga banyak disajikan sinetron kurang nilai edukasi. Kebanyakan tantangan hanya diisi dengan intrik saling iri, balas dendam. Cerita remajanya juga demikian. Harusnya tayangan sinetron remaja lebih banyak menampilkan hal-hal positif agar bisa dicontoh untuk generasi muda. Semisal kisah tentang perjuangan seorang remaja dalam meraih mimpinya.
Melihat hal ini memang layak jika generasi kita kebingungan mencari idola yang layak dijadikan contoh. Oleh karenanya, marilah kita bimbang generasi muda.  Agar selama proses identifikasi mereka memiliki idola yang bisa menjadi teladan positif bagi kebaikan masa depannya.  Misalnya saja  kita bisa melakukan seminar-seminar keremajaan tentang bagaimana menjadi remaja yang produktif. .Atau juga mengadakan pemutaran film yang menginspirasi. Sehingga dari kegiatan dan tayangan ini akan lahir idola baru yang menginspirasi mereka untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Komentar

Postingan Populer