Inilah aneka olahan bayam yang wajib kamu coba!



Bayam adalah salah satu sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat kita. Menurut saya bayam adalah salah satu sayur yang paling cepat dan mudah dalam pengolahannya dibandingkan dengan sayur lainnya. Tidak mumbutuhkan waktu yang lama dan juga tidak perlu memerlukan bumbu yang banyak, hanya bawang merah, bawang putih dan kunci sayur bayam siap menerima makan kita.
Banyak banyak mengandung zat besi, oleh karenanya bayam sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami anemia. Selain itu bayam juga banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Kandungan yang terdapat dalam bayam diantaranya adalah vitamin A, Vitamin K , vitamin C, fosfor, riboflavin, kalium dan magnesium.
Karena kandungan gizinya tersebut selain sebagai pencegah anemia, bayam juga bisa untuk menjaga kesehatan tulang, hal ini karena kandungan fosfor dan vitamin K dalam bayam. Bayam juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi karena bayam adalah salah satu sayuran yang tinggi kalium. Kandungan flavonoid dalam bayam bersifat anti kanker sehingga mampu mencegah kita dari kanker.
Selain dibuat sayur bening bayam juga bisa dibuat olahan lain yang tidak kalah lezatnya. Berikut ini adalah beberapa olahan dari bayam
1. Dibuat keripik
Salah satu cara untuk mengkonsumsi bayam jika tidak suka dibuat sayur adalah dengan cara dibuat menjadi kripik. Selain untuk camilan kripik bayam juga cocok dijadikan lauk makan.
Berikut ini adalah bahan dan bumbu dalam membuat keripik bayam
1. Daun bayam yang besar
2. Tepung beras
Bumbu
1. Kemiri
2. Bawang putih
3. Ketumbar
4. Kunyit
5. Garam
6. Penyedap
Cara pembuatan
1. Bayam diambil daunnya saja. Setelah itu dicuci kembali sisihkan.
2. Kupas bawang putih dan kunyit. Cuci bersama bumbu lainnya, selanjutnya semua bumbu dihaluskan.
3. Siapkan mangkuk/ baskom. Taruh bumbu yang sudah dihaluskan kedalamannya setelah masukkan tepung beras. Tambahkan air garam dan penyedap aduk-aduk hingga semuanya tercampur. Usahakan adonan tepung ukurannya pas tidak encer dan tidak keras. Agar nanti saat digoreng hasilnya renyah.
4. Siapkan wajan. Tuangkan minyak yang agak banyak kedalamnya. Sambil menunggu minyak panas. Masukkan daun bayam  ke dalam tepung adonan.
5. Setelah minyak panas, kemudian masukkan daun bayam yang sebelumnya dicelupkan dalam tepung adonan ke dalam minyak goreng. Goreng hingga warnanya kuning keemasan. Setelah itu angkat.
2. Dibuat perkedel bayam
Selain kentang bayam juga tidak kalah nikmat jika dibuat perkedel. Berikut ini bahan dan bumbu untuk membuat perkedel bayam
1 1 ikat bayam
2. 2 buah tahu
3. 2 butir telur
4. Tepung terigu
Bumbu
1. Bawang merah
2. Bawang putih
3. Merica
4. Garam
5. Penyedap
Cara pembuatan.
1. Potong kecil-kecil bayam selanjutnya dicuci. Selanjutnya tahu dicuci kemudian dihancurkan.
2. Kupas bawang merah dan bawang putih, cuci selanjutnya haluskan bersama dengan merica.
3. Setelah halus masukkan bumbu tersebut dalam mangkuk. Kemudian masukkan pula bayam, tahu yang sudah dihancurkan, telur, tepung terigu, garam dan penyedap. Selanjutnya diaduk-aduk agar semua bahan tercampur.
4. Setelah itu bentuk adonan dibentuk bulat pipih.
5. Siapkan wajan. Tuangkan minyak ke dalam wajan, setelah panas masukkan ke dalam minyak. Goreng hingga warnanya kecoklatan.
3. Dibuat telur dadar bayam
Berikut ini bahan dan bumbu untuk membuat telur dadar bayam
Bahan
1. Bayam
2. Telur
Bumbu
1. Bawang merah
2. Bawang putih
3. Merica
Cara pembuatan
1. Cuci bayam kemudian potong kecil-kecil.
2. Kupas bawang merah dan bawang putih, selanjutnya cuci dengan mericanya kemudian dihaluskan
3. Masukkan bumbu dalam mangkuk. Masukkan pula bayam, telur, garam dan penyedap. Kemudian diaduk-aduk hingga semuanya tercampur
4. Siapkan wajan. Tuang minyak dalam wajan, setelah minyak panas tuangkan adonan dalam minyak. Goreng hingga warnanya kecoklatan
Demikian olahan dari bayam. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan Populer