Mengenal lebih dekat dengan sayur gambas



Gambas atau oyong adalah salah satu sayur yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Gambas ini merupakan tanaman merambat, sehingga butuh penyangga untuk merambatkan batangnya. Tanam ini berkembang biak dengan bijinya. Jadi buah gambas yang sudah tua kemudian dijemur. Setelah kering  dibuka untuk diambil bijinya. Biji kemudian dijemur lagi agar lebih kering lagi. Untuk menanamnya buat lubang pada tanah kemudian masukkan bijinya. Siram setiap pagi dan sore.
Biasanya petani yang menanam padi menggunakan tanaman ini sebagai tanaman tumpang sari. Tanaman ini ditanam dipematang sawah. Jadi nantinya selain memanen tanaman padi, petani juga akan panen sayuran ini. Namun demikian ada pula petani yang menanam tanaman ini disawah dan tidak ditanam dipematang. Biasanya karena memang lahannya diperuntukkan untuk menanam sayur bukan untuk menanam padi.
Salah satu keuntungan yang didapat oleh petani jika menggunakan tanaman gambas sebagai tumpang sari. Petani bisa panen berkali-kali sayuran ini. Bahkan ketika padinya belum bisa dipanen, petani sudah bisa memanen sayuran ini. Selain itu harga dari sayuran ini juga cukup kompetitif. Sehingga bisa memberikan keuntungan bagi petani.
Sayur gambar ini bisa diolah menjadi berbagai olahan lauk. Biasanya yang paling mudah adalah mengolah sayuran ini menjadi sayur bening. Cukup bawang merah, bawang putih dan kunci sebagai bumbunya. Lalu gambas dibuang kulitnya kemudian dicuci selanjutnya dipotong kecil-kecil. Setelah itu  campurkan bumbu tersebut dalam air mendidih selanjutnya masukkan pula gambasnya tambahkan garam dan penyedap. Kemudian masak hingga matang.
Selain dibuat sayur bening, gambar juga enak dibuat tumisan. Ini adalah olahan favorit saya dalam mengolah sayur gambas. Olahan ini Bumbunya juga cukup sederhana. Hanya bawang merah, bawang putih dan cabai. Semua bumbu tadi diiris tipis-tipis lalu tumis diwajant.  Agar menambah gurih tumis gambas saya biasanya menambahkan satu butir telur dalam tumisan tersebut. Jadi setelah bumbunya matang, saya masukkan satu butir telur setelah itu saya orak-arik baru setelah telurnya matang saya masukkan sayur gambas yang sebelumnya sudah dikupas kulitnya, dicuci dan dipotong kecil-kecil. Setelah itu baru ditambahkan garam, dan penyedapnya. Selanjutnya masak hingga gambasnya matang.
Nah, demikianlah ulasan singkat saya tentang sayur gambas.

Komentar

Postingan Populer