Inilah manfaat pisang untuk kesehatan



Buah pisang adalah buah yang tidak asing lagi bagi kita. Hampir seluruh wilayah Indonesia terdapat tumbuhan ini. Cara konsumsi yang mudah dan rasanya yang manis dan harganya yang terjangkau menyebabkan orang menyukai buah ini. Di Indonesia sendiri mengenal beraneka jenis pisang. Ada pisang susu, pisang raja, pisang kepok pisang tanduk dan juga pisang kluthuk.
Meskipun sama-sama pisang, tetapi dalam mengkonsumsinya ada perbedaan penggunaanya. Misal pisang susu biasa digunakan untuk menelan pil/obat. Sedangkan untuk pisang goreng biasanya yang digunakan adalah pisang kepok atau pisang tanduk. Karena pisang ini biasanya saat digoreng teksturnya tidak mudah lembek selain itu rasanya juga tetap manis. Jika kita menggunakan pisang raja maka saat digoreng pisangnya akan lembek dan tampilannya tidak menarik. Sedangkan untuk kolak kita bisa menggunakan pisang raja, pisang kepok ataupun pisang tanduk. Khusus untuk pisang kluthuk ini tidak dimakan seperti buah pisang lainnya karena buah ini banyak mengandung biji.  Meskipun demikian pisang ini digunakan sebagai tambahan untuk bumbu rujak.
Pisang ini banyak mengandung nutrisi seperti serat, karbohidrat, vitamin C dan B6, protein, kalium, potasium, mineral, dan juga magnesium. Dimana zat-zat tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Seperti serat memelihara saluran pencernaan, kalium bisa menurunkan tekanan darah dan vitamin B6 mampu melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu pisang juga tidak mengandung kolesterol, natriuml dan juga rendah lemak sehingga meskipun dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak menyebabkan obesitas. Oleh karenanya, pisang ini sangat baik dikonsumsi setiap hari karena buah ini bisa menjaga kesehatan dan juga berguna sebagai salah satu sumber nutrisi bagi tubuh kita.
Di zaman sekarang konsumsi pisang bisa diolah dalam berbagai olahan kekinian. Seperti dibuat pisang coklat, pisang keju, nugget pisang, dan juga roti. Sehingga jika kita bosan dengan olahan pisang yang tradisional kita bisa mengolahnya menjadi jajanan kekinian. Dengan demikian konsumi buah menjadi menyenangkan dan kita bisa mendapatkan manfaat dari buah yang kita konsumsi.

Komentar

Postingan Populer