Mari mengenal lebih dekat pohon kelapa


Pohon kelapa adalah buah yang biasanya tumbuh dipinggir pantai. Tetapi sebenarnya buah ini juga bisa tumbuh dimana saja. Pohon ini berkembang biak dengan buahnya. Cara menanam pohon  ini cukup mudah. Kita tinggal menggali tanah selanjutnya tunas kelapa taruh didalamnya selanjutnya ditimbun kembali dengan tanah. Untuk menjaga kelembaban tanah kita bisa menyiramkan  air setiap pagi dan sore. Jika tanah terjaga kelembabannya maka tunas kelapa akan lekas tumbuh.
Seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan. Mulai dari batang pohonnya hingga daunnya. Pohonnya bisa digunakan sebagi bahan banginan. Daun kelapa yang masih muda bisa dimanfaatkan untuk dekorasi pernikahan ataupun sunatan. Pada saat lebaran daun kelapa yang masih muda harganya bisa sangat mahal. Hal ini karena daun tersebut akan digunakan sebagai ketupat. Dimana ketupat ini adalah makanan yang wajib ada saat lebaran. Jika daunnya sudah kering maka, lidinya diambil untuk dijadikan sapu lidi. Sedangkan bunganya disadap untuk dibuat gula kelapa. Air sadapan dari bunga kelapa ini disebut dengan nira. Nira ini kemudian ditaruh didalam wajan selanjutnya dimasak hingga hingga menggental. Setelah itu gula kelapa dicetak.
Ada berbagai macam jenis kelapa yang bisa dibudidayakan diantaranya adalah kelapa gajah entok, kelapa pandan wangi, kelapa wulung, kelapa kopyor dan kelapa hijau. Diantara beberapa jenis kelapa   tadi yang menarik adalah kelapa kopyor. Karena kelapa ini mengalami kelainan genetik sehingga daging buah dan airnya menyatu tidak seperti kelapa pada umumnya. Sedangkan kelapa hijau digunakan untuk menetralkan racun yang  d masuk ke dalam tubuh. Maka tak heran, bila masyarakat menggunakan kepala hijau sebagai obat jika mengalami keracunan entah keracunan makanan ataupun minuman.. pohon-pohonng dibudidayakan ini rata-rata memiliki pohon yang tidak terlalu tinggi. Sehingga memudahkan kita saat memanennya.
Buah kelapa yang masih muda  atau degan orang biasa menyebutnya, sangat enak dibuat es kelapa muda. Untuk membuat es ini cukup mudah. Kelapa muda diambil terlebih dahulu airnya. Selanjutnya buahnya dibelah jadi dua untuk mempermudah mengambil daging buahnya. Cara mengambil dagingnya buahnya bisa menggunakan sebuah alat dari besi yang berbentuk seperti kipas kecil. Selain menggunakan alat tadi kita juga bisa menggunakan tutup botol untuk menyerut daging buah kelapa. Daging buah kentang tadi selanjutnya dimasukkan ke air kelapa selanjutnya tambahkan es batu. Sebenarnya tanpa gula pun air kelapa ini sudah memiliki rasa manis. Tetapi jika kurang manis kita bisa menambahkan gula.

Komentar

Postingan Populer