bubur ketan membeli jadinya jauh lebih hemat



Tadi sepulang sekolah saya mampir ke pasar. Rencananya memang untuk beli sayuran sebagai persediaan beberapa hari ke depan. Setelah memperoleh sayuran yang saya butuhkan, sayapun segera pulang. Saat mau keluar pasar tiba-tiba mata saya tertuju pada jajanan tradisional yakni bubur ketan hitam. Segera saya langkahakan kaki untuk membeli jajanan tersebut. Maklumlah bagi saya jajanan tersebut tidak bisa diperoleh tiap karena pasar utama di daerah saya hanya dua hari saja bukanya yakni Senin dan Jumat. Pada hari tersebutlah jajanan bubur ketan hitam ini ada.
Rasa dari bubur ketan hitam ini sangatlah nikmat sekali. Ada rasa manis yang berasal dari gula dan ada rasa gurih yang berasal dari santannya. Selain itu ketan hitam sendiri sudah memiliki rasa yang manis. Karena rasanya yang lezat maka tak heran jika banyak yang menyukai bubur ketan hitam ini. Tidak hanya orang dewasa anak-anak pun sangat menyukai bubur ketan hitam ini.
Dibandingkan dengan membuat sendiri, membeli jadinya lebih enak dan ekonomis. Karena untuk membuat bubur ketan hitam juga membutuhkan waktu yang sangat lama. Selain itu harga ketan hitam memang lebih mahal jika dibandingkan dengan ketan putih dan juga beras. Jadi kalau buat sedikit tentu akan rugi biaya dan juga waktu. Karena waktu yang dibutuhkan untuk membuat bubur ini agak lama. Terutama saat membuat ketan hitam agar lunak dan mengembang. Bisa satu jam lebih untuk memasak dan mengaduk-aduk bubur ketan hitam ini.
Dulu saya sempat berusaha membuat bubur ketan hitam ini. Saat itu sebagai percontohan saya hanya menggunakan ketan hitam sebanyak 1/4 kg. Agar lebih cepat empuk dan mengembang maka sebelumnya ketan tersebut saya redam dulu kurang lebih satu jam. Baru setelah itu saya rebus. Ternyata meskipun sudah direndam masaknya juga masih lama. Hampir satu jam masih belum juga empuk. Hingga saya tambahkan airnya agar tidak gosong. Tetapi masih saja belum matang dan bentuknya masih bulir-bulir. Akhirnya karena terlalu lama saya sudahi saya proses prebusannya.  Soalnya saya sudah capek menunggunya.
Sebenarnya selama satu jam perebusan ketan sudah matang, tetapi bentuknya masih berupa bulir-bulir dan belum pecah. Padahal bubur ketan yang nikmat itu kalau bulir ketannya pecah dan menjadi lembek. Oleh karenanya, untuk saat ini saya lebih memilih membeli saja dari pada membuat sendiri. Dipasar tadi satu cup harganya cukup terjangkau hanya Rp 2000, sudah bisa menikmati lezatnya ketan hitam ini.

Komentar

Postingan Populer