membuat telur dadar campur tempe




Beberapa hari yang lalu di halaman media sosial, saya melihat sebuah postingan tentang telur dadar yang dicampur tempe. Karena penasaran dengan rasanya maka hari Minggu kemarin saya mencoba membuat olahan tersebut. Namun ternyata pada percobaan pertama saya mengalami kegagalan. Kegagalan ini disebabkan oleh banyaknya tempe yang saya gunakan. Sehingga rasa dari olahan ini menurut saya kurang begitu lezat karena dominan tempenya.

Untuk menanggulangi kegagalan saya, maka hari ini saya mencoba kembali membuat olahan tersebut. Karena percobaan pertama terlalu banyak tempenya, kali ini saya hanya menggunakan sedikit tempe. Ternyata percobaan kedua saya berhasil, rasa dari telur ini sangat mantap. Tempe dan telurnya menyatu dan rasa tempenya tersamar. Adanya raasa tempe yang tersamar ini yang menjadikan masakan ini berbeda dengan masakan lainnya. Dan merupakan letak dari nikmatnya olahan tersebut.
Olahan ini tidak hanya untuk lauk makan tetapi juga cocok untuk dibuat camilan saat bersantai. Karena rasanya sudah pedas jadi tidak perlu tambahan caos saat menikmati olahan ini sebagai camilan.

Resep membuat telur dadar campur tempe

Nah yang penasaran berikut ini adalah resep membuat telur dadar campur tempe
Bahan
1. 1 butir telur
2. 3 iris tipis tempe
Bumbu
1. 2 buah bawang merah
2. 1 buah bawang putih
3. 5 buah cabai rawit
Cara pembuatan
1. Kupas bawang merah, bawang putih dan cabai. Selanjutnya semua bumbu tadi diiris tipis.
2. Haluskan tempe, bisa dengan tangan atau dengan ulekan. Saya memilih menggunakan tangan.
3. Tumis bumbu yang telah diiris tipis tadi di wajan dengan sedikit minyak. Setelah bumbu matang masukkan tempenya lalu tambahkan garam dan penyedap. Kemudian diaduk-aduk hingga semuanya bumbunya tercampur. Masak hingga tempenya matang.
4. Setelah matang taruh tumisan tempe kedalam mangkuk. Selanjutnya masukkan satu butir telur ke dalam mangkuk tersebut. Kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata dengan tumisan tempenya
5. Setelah itu goreng adonan tersebut dengan menggunakan sedikit minyak. Jika salah satu sisinya matang kemudian balik tunggu hingga matang semua kedua sisinya lalu angkat.
Nah, itu adalah resep membuat telur dadar campur tempe. Selamat mencoba dan selamat menikmati!.

Komentar

Postingan Populer