tips agar puasa tidak ngantuk dan lemes



Lemes dan ngantuk adalah hal yang biasa di alami oleh orang yang berpuasa. Oleh karenanya, kita harus melawan kedua hal tersebut agar tubuh kita tetap bugar saat menjalankan puasa. Salah satu hal yang membuat badan lemes dan ngantuk adalah bermalas-malasan saat puasa.  Meskipun puasa harusnya kita tetap melakukan aktivitas seperti biasa karena  jika kita bermalas-malasan akan membuat badan terasa lemas. Terlebih jika puasa digunakan untuk lebih banyak tidur maka tubuh akan semakin lemas.
Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan agar badan tidak lemas dan tidak ngantuk saat puasa.
Pertama. Mandi dipagi hari. Biasanya kalau libur saat puasa kita cenderung malas untuk mandi. Sebenarnya menunda mandi juga membuat badan tidak nyaman terlebih jika sudah agak siang badan akan terasa agak panas. Usahakan untuk tetap mandi dipagi hari meskipun saat sedang libur. Dengan mandi tubuh kita akan terasa segar. Jadi tubuh akan siap untuk melayani aktivitas
Kedua. Melakukan shalat Sunnah dan mengaji. Saat pagi hari biasa rasa kantuk sudah datang menyerang. Langkah yang bisa kita lakukan adalah mengambil wudhu kemudian sholat sunah dhuha. Setelah itu membaca Al-Qur'an.
Ketiga. Tetap beraktivitas. Saat puasa kita tidak perlu mengurangi aktifitas kita jika kegiatan tersebut tidak terlalu berat. Semisal membersihkan rumah, mencuci ataupun membersihkan halaman. Lakukan kegiatan seperti biasa. Jika kita menunda pekerjaan resikonya juga kita sendiri yang menanggung. Pekerjaan akan menumpuk, jika pekerjaan menumpuk maka butuh energi lebih banyak untuk mengerjakannya.  Jadi lakukan kegiatan seperti biasa agar pekerjaan kita tidak menumpuk
Keempat. Tidur seperlunya. Saat puasa memang hawa kantuk sering datang. Namun kita tidak perlu menuruti rasa kantuk tersebut. Karena jika dituruti , tidur kita akan berlebihan. Tidur berlebihan tidak baik untuk kita selain menyebabkan pusing, tidur berlebihan juga membuat tubuh semakin lemas.
Oleh karenanya, jika rasa kantuk datang segeralah kita mencari aktivitas agar rasa kantuknya pergi. Untuk tidur saat puasa tidurlah seperti biasanya seperti saat kita tidak sedang puasa. Tidur yang cukup akan membuat badan segar.
Keempat. Melakukan hobi. Jika semua pekerjaan kita sudah selesai dan masih tersisa waktu luang ada baiknya kita melakukan hobi kita. Misal yang hobi menulis bisa menulis, atau juga berkebun, merajut  dan lain sebagainya.
Jadi intinya agar kita tidak lemas dan ngantuk saat puasa  kita harus tetap melakukan aktivitas. Ngantuk datang usir dengan melakukan pekerjaan.

Komentar

Postingan Populer