Tips mengolah tumisan ikan asin



Malam ini saya lumayan agak bingung untuk membuat lauk makan malam. Beruntung tadi saya membeli ikan kering. Akhirnya tercetuslah sebuah ide untuk membuat olahan lauk dari ikan kering ini. Seperti biasa, karena waktu mendesak dan anak-anak sudah pada teriak mau makan. Maka saya memilih memasak dengan cara menumis.
Bumbu yang saya pakai terdiri dari bawang merah, bawang putih dan tomat. Biasanya biar lebih mantap saya menggunakan banyak cabai rawit. Tetapi karena lauk ini akan dimakan bersama anak saya maka saya tidak menggunakan cabai. Semua bumbu tadi saya iris-iris selanjutnya saya tumis diwajan. Setelah harum bumbunya saya masukkan ikan kering yang telah saya cuci sebelumnya. Agar bumbunya meresap dan daging ikannya empuk maka saya tambahkan air. Karena ikan kering ini memiliki rasa yang asin maka saya tidak menambah garam. Saya masak hingga mendidih airnya kurang lebih lima belas menit.
Meskipun ikan kering tetapi lauk ini juga mengandung gizi yang baik untuk kesehatan kita. Nutrisi yang terkandung diulang asin ini adalah protein, kalsium dan fosfor. Protein berfungsi untuk mengantii sel yang rusak sedangkan kalsium berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis/ tulang keropos.
Lauk tumisan ikan kering ini sangat nikmat jika dimakan dengan nasi hangat. Terbukti saking nikmatnya,  malam ini anak saya begitu lahap makan nasi meskipun hanya ikan asin lauknya. Bahkan setelah nasinya habis ia minta lagi ikannya untuk dibuat camilan.

Komentar

Postingan Populer