permainan jadul menumbuhkan kreativitas anak



Beberapa hari yang lalu saya melihat sebuah gambar yang cukup menggelitik dihalaman media sosial. Gambar tersebut menjelaskan tentang perbedaan anak jaman dulu dengan jaman sekarang. Lalu jaman dulu ibu sering mencari anaknya untuk pulang kerumah. Namun diera sekarang ibu malah kesulitan untuk menyuruh anaknya bermain diluar rumah. Melihat gambar ini sayapun tersenyum geli.
Jaman dahulu memang anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu bermain diluar rumah. Saking asyiknya terkadang si anak sampai lupa waktunya pulang ke rumah sehingga ibunya mencarinya. Berbeda dengan jaman sekarang, anak-anak lebih banyak bermain dengan gadget sehingga mereka jarang bermain diluar rumah bersama teman-temannya. Hal inilah kemudian yang membuat seorang ibu khawatir karena anak akan kecanduan dengan permainan digadget.
Jika anak sudah kecanduan bermain gadget maka akan sulit untuk dilepaskan. Ia akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan permainan digadget tersebut. Padahal kita ketahui, saat anak bermain gadget maka anak tidak banyak melakukan aktivitas. Sehingga akhirnya terjadi penumpukan kalori didalam tubuh. Lama kelamaan kalari yang menumpuk akan menyebabkan anak mengalami obesitas.
Memang sudah menjadi pengetahuan umum jika permainan jaman dahulu meskipun sederhana dan jauh dari kecanggihan teknologi. Namun memberikan manfaat yang sangat besar bagi perkembangan kognitif, psikomotorik dan juga psikologis sang anak.
Permainan tradisional memang lebih melelakan dan membuat baju kotor. Namun justru rasa lelah yang didapat anak banyak mendapatkan pelajaran berharga. Anak akan belajar cara bersosialisasi dan juga cara untuk menyelesaikan perbedaan pendapat. Selain itu anak akan terbakar kalorinya sehingga anak terhindar dari obesitas. Sehingga anak akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan lincah.
Oleh karenanya, mari beri waktu anak kita bermain dengan teman-teman sebayanya. Dengan bermain dengan sebayanya maka anak kita akan kembali ke Dubai anak yang sebenarnya. Dunia bermain yang penuh canda tawa, menyenangkan dan penuh keseruan. Dan hal yang demikian tidak bisa didapatkan jika anak bermain gadget. Karena permainan gadget buahnya hanya bisa dimainkan oleh satu anak. Bahkan saat bermain tak jarang lebih menimbulkan pertengkaran daripada kebersamaan, karena mereka rebutan gadget tersebut.
Jika kita takut anak bermain terlalu jauh ada baiknya kita mengundang teman anak-anak kita untuk bermain dirumah.  Biarkan mereka bermain didalam ataupun dihalaman rumah kita. Dengan demikian, maka kita akan lebih mudah mengawasi anak kita saat bermain. Tidak perlu khawatir rumah jadi berantakan dan kotor. Karena rumah yang berantakan dan kotor bisa dibersihkan ulang. Namun memberikan ruang bermain yang menyenangkan dan menunjang perkembangan kreativitasnya tidak bisa diulang.
sasint / 226 foto

Komentar

Postingan Populer